19 - 04 - 2019

SATLANTAS PADANGSIDIMPUAN TILANG ANGKOT YANG MEMUAT PENUMPANG DI ATAS KAPd

Maraknya pelajar yang menumpang angkot di atas kap mobil membuat gerah jajaran kepolisian. Sabtu (29/04) petugas Satlantas Padangsidimpuan yang dipimpin langsung oleh Kasat Lantas AKP M Hasan, SH, MH menggelar razia simpatik terhadap kendaraan angkot yang masih mengangkut penumpang, khususnya pelajar di atas mobil.
Razia mendadak yang digelar polisi itu sontak membuat kaget para sopir dan pelajar. Satu persatu kendaraan angkot yang kedapatan berpenumpang di atas mobil langsung dihentikan polisi. Dalam razia ini polisi tidak melakukan tindakan tilang, namun hanya memberikan peringatan terhadap sopir dan pelajar.
Tampak terlihat rasa kekecewaan dari para pelajar saat kendaraan angkot yang mereka tumpangi diberhentikan polisi dan disuruh turun. Para pelajar didaerah Pijorkoling, ini mengaku bahwa menumpang di atas mobil angkot sudah dianggap hal yang biasa. Para pelajar juga mengakui bahwa aksi mereka itu membahayakan keselamatan jiwanya.
"Setiap hari kalau pulang dan berangkat ke sekolah selalu naik di atas. Kalau di dalam selalu penuh dan pengap. Makanya lebih asik di atas mobil, banyak anginnya," ujar salah satu pelajar SMP.
Semetara itu, Kapolres Padangsidimpuan, AKBP Andy Nurwandy, S.I.K melalui Kasat Lantas Polres Padangsidimpuan mengatakan razia simpatik tersebut untuk mencegah terjadi kecelakaan bagi penumpang yang berada di atas kap mobil.
"Dalam berlalulintas juga sopir sudah menyalahi aturan karena dapat membahayakan jiwa penumpangnya. Untuk razia saat ini kami memberikan teguran sekaligus tilang untuk memberikan efek jera kepada para sopir agar tidak membawa penumpang di atas kap mobil. Ini sudah sering kami ingatkan, makanya kali ini langsung kami tindak tegas.” jelas AKP Hasan. (poet)