18 - 02 - 2020

SATBINMAS POLRES PSP TERUS TINGKATKAN GIAT SOSIALISASI TENTANG KARHUTLA KEPADA MASYARAKAT KOTA PSPd

SATBINMAS POLRES PSP TERUS TINGKATKAN GIAT SOSIALISASI TENTANG KARHUTLA KEPADA MASYARAKAT KOTA PSP

Humas Polres Padangsidimpuan-Padangsidimpuan, Kasat Binmas Iptu Sulhan Arifin Siregar bersama dengan Kaurbinops Satbinmas dan Kanit Binpolmas Satbinmas serta Kasitipol Polres Psp melaksanakan giat Sosialisai Kamis (29/08/2019) yang bertempat di Desa Siloting Kec. Padangsidimpuan Batunadua. 

Dalam kesempatan tersebut, Kasat Binmas Polres Padangsidimpuan Iptu Sulhan Arifin Siregar SH mengajak seluruh warga masyarakat sekitar terutama Warga desa Siloting untuk tidak melakukan Karhutla. Karena memiliki dampak yang membahayakan bagi masyarakat sendiri.

Selanjutnya bersama warganya dengan membentangkan spanduk yang bertuliskan “,Ops bina Karuna Tahun 2019 dalam rangka cegah terjadinya Karhutla dan trauma berkepanjangan. Sekaligus menghimbau warga agar jangan melakukan Karhutla. “Dengan menyambangi serta berdiskusi secara langsung dengan warga, diharapkan Pihaknya bersama Bhabinkamtibmas juga dapat mengetahui akar permasalahan. Sehingga mampu menetapkan prioritas tindakan sebagai solusi dalam menciptakan keamanan di lingkungan terutama Desa silothing” harap Kasat.

Iptu Sulhan Arifin Siregar SH juga menambahkan, karena berdasarkan Pasal 69 ayat (1) huruf h dan Pasal 108 Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, menerangkan bahwa setiap orang dilarang melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar, setiap orang yang melakukan pembakaran lahan dipidana dengan pidana penjara paling singkat tiga tahun dan paling lama 10 tahun dan denda paling sedikit Rp3.000.000 dan paling banyak Rp10.000.000.000.

“Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat mengerti tentang dampak yang ditimbulkan dari kebakaran hutan dan lahan serta masyarakat diimbau agar pada saat akan membuka lahan tidak dengan cara dibakar,” tutur kasat binmas.