SIMULASI ESCAFE PASLON WALIKOTA PADANGSIDIMPUAN

Polres Padangsidimpuan Rabu (06/02/18) pukul 10.30 wib Menggelar SIMULASI ESCAFE PASLON WALIKOTA PADANGSIDIMPUAN di Halaman Bolak Padangsidimpuan yang disaksikan langsung oleh Kapolres Padangsidimpuan AKBP HILMAN WIJAYA, SIK. MH. 

Kegiatan SIMULASI ini dihadiri Wakapolres KOMPOL JW. SIJABAT, SH, PJU Polres, Perwira, dan Para Bintara sebagai Peserta Simulasi. 

Kegiatan ini berguna untuk memberikan Gambaran kepada seluruh peserta Simulasi jika pada saat Kampanye mengalami hal yang sama sehingga mengetahui langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk melindungi dan menyelamatkan PASLON WALIKOTA PSP dari Tindakan Penculikan atau Situasi berubah menjadi tidak Aman bagi Keselamatan PASLON. 

Kegiatan ini diawali dengan memberikan Arahan kepada semua Peserta oleh Kasat Sabhara AKP ABDI ABDULLAH, SH selaku Kasatgas Preventif dan dilanjutkan dengan SIMULASI ESCAFE dengan Skenario antara lain :

1. Diasumsikan salah satu PASLON Walikota yang akan menyampaikan Orasi di satu tempat sesuai ketetapan yang telah dibuat KPU.

2. Pukul 10.00 wib, Paslon AB tiba ditempat Kampanye yang dikawal oleh Vouredes Sat Lantas , ketika sedang berorasi Paslon AB yang memberikan Janji-janji kepada warga sehingga ada OTK yang melakukan pelemparan kearah Paslon lalu Sat Intelkam menyampaikan kepada Paslon agar mempersingkat orasi nya selanjutnya Paslon AB dibawa meninggalkan tempat Kampanye.

3. Ketika dalam perjalanan Kasat Intelkam menghubungi Kasat Sabhara bahwa ada sekelompok massa menghadang Rombongan Paslon selanjutnya Kasat Sabhara menghubungi Team PATMORSUS untuk menyelamatkan Paslon.

4. Tiba ditempat Rombongan Paslon, Team PATMORSUS melakukan ESCAFE kepada PASLON dengan menggunakan kenderaan lain selanjutnya mengawal Paslon kembali ke Sekretariat Paslon.

5. Untuk mengelabui massa maka iringan Mobil Rombongan tetap melewati jalan dimana massa telah melakukan penghadangan.

6. Selanjutnya Kanit Intelkam meminta bantuan kepada Kasat Sabhara dan Team DALMAS POLRES bersama Team Negosiator diturunkan untuk dapat membubarkan massa, setelah dilakukan penangkapan terhadap Provokator dan tembakan getar, massa pun membubarkan diri dan iringan Mobil rombongan dapat kembali dengan selamat.

Simulasi berjalan dengan lancar dan dilanjutkanSimulasi Kapolres Padangsidimpuan AKBP HILMAN WIJAYA, SIK. MH. memberikan Keterangan Pers kepada Awak Media yang turut hadir meliput kegiatan Simulasi ini yang didampingi Wakapolres KOMPOL JW. SIJABAT, SH.

Kegiatan Simulasi ini sangat perlu dipragakan dan dipraktekkan oleh Anggota guna memberi gambaran dalam pelaksanaan tugas ke depan, ujar AKBP Hilman mengakhiri.