KAPOLRES PADANGSIDIMPUAN AKBP HILMAN WIJAYA, SIK. MH SAMPAIKAN WAWASAN KEBANGSAANĀ  DI KAMPUS IAIN PADANGSIDIMPUANĀ 

Kapolres Padangsidimpuan AKBP HILMAN WIJAYA, SIK. MH sebagai Pemateri pada Acara Kuliah Umum di Auditorium IAIN Padangsidimpuan yang berthema : ” Wawasan Kebangsaan Bangun Kesadaran Untuk Cinta NKRI “.

Sebelum sampai pada materi Kapolres menyampaikan makna Ideologi Pancasila dan Peran POLRI dalam mengantisipasi Intoleransi, Radikalisme, Terorisme dan Berita Hoax.

Banyak tantangan yang kita hadapi baik dari luar maupun dari dalam yang berusaha untuk merubah Idiologi Pancasila dan ini tidak akan terjadi selama kita memiliki Wawasan Kebangsaan dan Rasa Cinta kepada NKRI yang kuat dan dari Rasa Cinta Tanah Air maka kita akan terhindar dari Paham Radikalisme, Intoleransi yang berusaha memecah belah Bangsa ini, ujar Kapolres.

Peredaran Informasi dan Berita Hoax  sudah sangat membahayakan , jika semua elemen masyarakat tidak ikut andil menangkalnya , dikawatirkan Negeri yang kita cintai ini akan porak-poranda, lanjutnya

Jadi sebagai Mahasiswa sebegai Generasi Masa Depan Bangsa harus mempersiapkan diri untuk kemajuan Indonesia tercinta.

Program Ma’had Jami’ah yang sudah dilaksanakan IAIN merupakan ciri dari Wawasan Nusantara, karena mahasiswa bisa saling berbagi meskipun beda suku dan asal daerah. Program ‘mondok’ yang ada di IAIN merupakan gam¬baran dari wawasan nusantara.

"Saya sangat mengapresiasi program-program seperti ini karena mahasiswa bisa saling berbagi dan mendapat teman seperti saudara dalam berbagai kesempatan di asrama”, tu¬turnya sembari menyebut pernah merasa¬kan mondok/asrama selama tiga setengah tahun.

Ditambahkan, dulu pelajaran sejarah Indonesia sangat kental diajarkan sejak bangku sekolah dasar hingga perguruan tinggi, na¬mun saat ini banyak generasi muda yang ti¬dak tahu dan memahami sejarah kebang¬saan.

Saat ditanya nama para Pahla¬wan kita, banyak yang tidak tahu, makanya Civitas Akademika IAIN Padangsidimpuan merasa perlu menggelar acara ini untuk memberi pemahaman kepada generasi muda betapa besarnya pengorbanan para pahlawan dalam melepaskan Indonesia dari penjajahan," terangnya.